Cara Mudah Membuat ID Card Panitia Peserta di Word - ID Card Make

Cara Mudah Membuat ID Card Panitia Peserta di Word - ID Card Make [Musik] [Musik] Assalamualaikum teman-teman sahabat setiap faktor salam sejahtera untuk semuanya selamat jumpa lagi dengan faktor pakar tutorial Pada kesempatan ini faktor akan berbagi kembali tentang Microsoft Word yaitu Bagaimana cara mudah membuat ID card atau kartu tanda.

Cara Mudah Membuat ID Card Panitia Peserta di Word

Pengenal panitia ataupun peserta yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan Nah berikut ini adalah beberapa contoh desain ID card tentu saja pemilihan warnanya disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing Oke Bagaimana langkah-langkah cara mendesain atau cara membuat ID card baik untuk panitia maupun untuk peserta dengan hanya menggunakan Microsoft Word adalah sebagai berikut.

Silahkan buka Microsoft Word faktor buka dokumen baru Silahkan pilih ukuran kertasnya caranya klik pada tab layout pilih pada menu size misalnya kita pilih ukuran kertasnya legal agar nanti dalam satu lembar kertas bisa memuat 6 ID card kita pilih legal Setelah itu kita buat sebuah kotak persegi caranya klik pada tab insert pilih pada.

Menu save pilih rectangle atau kotak persegi yang ini klik kita buat sebuah kotak persegi seperti ini hilangkan garis pinggirnya caranya klik pada save outline pilih no outline kemudian silahkan Tentukan ukurannya di bagian grup size misalnya kita pilih ID card dengan ukuran lebar 7,4 jadi Silahkan pada bagian grup size lebarnya dibuat menjadi 7,4 di sini.

Kemudian tingginya misalnya 10,5 ini standarnya namun tentu saja ukuran ini tidak mutlak teman-teman bisa menyesuaikan dengan kebutuhan hanya ukuran ini mengacu pada folder yang tersedia di pasaran oke Silahkan ganti fill-nya warna birunya ini dengan second fill caranya Klik Kanan.

Pada jendela menu yang muncul pilih format save klik format save pilih pada menu file kemudian pilih yang ini klik pilih model garis horizontal yang ini klik warna garisnya Silahkan ganti Misalnya kita akan membuat ID card untuk peserta atau untuk panitia peringatan 17 Agustus jadi misalnya kita pilih warna garisnya merah muda silahkan klik pada.

Foreground kalau di sini merah muda tidak ada silahkan klik more color pada jendela color pilih standar Silahkan pilih merah muda misalnya yang ini kemudian klik oke nah jadinya seperti ini kemudian silahkan copy kotak persegi yang bergaris ini tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag ke kanan misalnya nah ini hasil copyannya ganti dengan warna gradasi jadi pada jendela format save.

Silahkan pilih gradient file yang ini kita ubah pada gradient stopnya kita hanya butuh 2 stop Jadi dua stop lainnya Silahkan dihapus Caranya tinggal klik tombol remove dua kali seperti ini nah tersisa 2 silahkan tempatkan di ujung kiri dan ujung kanan seperti ini untuk ujung kanan warnanya kita ganti dengan putih klik stop yang kanan ganti dengan warna putih ini untuk bagian.

Bawah yang sebelah kiri juga sama dengan warna putih Nah untuk stop yang sebelah kanan yaitu bagian bawah kita beri nilai transparasi full jadi pada bagian transparasi silahkan digeser tombol slidernya sampai 100% kemudian stop yang sebelah kiri kita geser ke kanan kira-kira pada posisi 40% seperti ini oke silahkan kotak persegi ini simpan di tengah-tengah caranya.

Klik kotak persegi transparannya klik pada menu alien pilih alien center sekarang yang kotak persegi bergaris yang ini klik sama klik pada menu alien pilih alien center nah jadinya seperti ini supaya terlihat kotak persegi transparannya kita beri garis klik Kemudian pada bagian save outline Silahkan pilih misalnya kita beri garis.

Warna merah yang ini Nah sekarang jadi terlihat Oke langkah berikutnya kita buat sebuah kotak persegi lagi klik pada tab insert pilih pada menu save pilih tinggal kita buat di sini misalnya seperti ini silahkan Tentukan ukurannya di bagian grup size tingginya cukup 1,4 kemudian lebarnya samakan dengan lebar ukuran ID card kita yaitu 7,4.

Seperti ini kita ke tengah kan klik pada menu alien pilih alien Center kemudian sekarang kita buat sebuah lingkaran kembali klik pada tab insert pilih pada menu save pilih oval atau lingkaran yang ini klik kita buat sebuah lingkaran seperti ini fill-nya sementara kita ganti dengan warna merah kemudian silahkan Tentukan ukurannya di bagian grup size tingginya 5,6.

Posts Related:

    Sedangkan lebarnya kita buat 10 cm silahkan diketikkan saja angka 10 lalu - ID Card Make

    Enter kita beri nilai transparasi untuk lingkaran merah ini jadi pada bagian transparasi silahkan digeser misalnya 46% kemudian silahkan ke tengahkan klik pada menu alien pilih alien Center kotak persegi ini Silahkan geser ke atas seperti ini.

    Posisinya seperti ini jadi Sisi lingkaran pas di sudut kotak persegi ini kemudian kita copy kotak persegi ini klik kotak perseginya tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag ke samping kita ganti warnanya dengan warna apa saja kuning misalnya karena ini hanya alat bantu kotak persegi ini kemudian silahkan ukurannya diperkecil tingginya cukup 0,4 misalnya sedangkan lebarnya 3,6.

    Silahkan ke tengahkan klik pada menu alien pilih alien Center silahkan ke bawah kan gunakan tombol panah ke bawah pada keyboard posisinya tengah-tengah atas bawah kotak persegi kuning ini berada di garis bawah kotak persegi biru seperti ini sekarang kotak persegi biru ini kita ubah bagian Sisi atasnya menjadi lengkung mengikuti lengkung lingkaran.

    Ini caranya klik kotak persegi birunya klik pada save format kemudian pilih pada menu edit save pilih edit Point nah di sudut kotak persegi biru ini muncul titik titik hitam silahkan klik titik hitam yang ada di sudut atas kiri misalnya yang ini klik Nah di sini muncul titik putih titik putih yang di atas ini silahkan tempelkan pada sudut.

    Kotak persegi kuning kiri atas di sini oke faktor perbesar lagi nah titik ini silahkan digeser seperti ini pas kan di sini kira-kira di sini kemudian sekarang klik titik hitam yang ada di sudut kanan atas klik Nah di sini muncul lagi titik putih tongkat kendalinya sama yang ini silahkan tempatkan di sudut atas sebelah kanan kotak persegi kuning kira-kira di sini Nah sekarang kotak persegi biru bagian.

    Atasnya sudah berbentuk lengkung hampir sama dengan lengkung lingkaran ini oke sekarang untuk lingkarannya kita hapus karena ini hanya sebagai alat bantu klik lingkarannya tekan tombol delete pada keyboard klik kotak persegi kuning tekan tombol Delete nah tersisa kotak persegi biru ini silahkan hilangkan garis pinggirnya klik pada menu save outline pilih no outline kemudian warnanya kita ganti.

    Dengan warna gradasi pada jendela format save Silahkan pilih gradient file Nah di sini Kita akan menggunakan 4 stop warna di sini tinggal dua jadi kita tambah lagi kita tambah satu di ujung sini klik nah tambah satu klik lagi tambah satu jadi ada 4 top yang paling kiri Silahkan ganti Misalnya dengan warna merah tua yang ini stop yang sebelah kanan juga sama dengan.

    Warna merah tua kemudian anglenya kita ubah kita jadikan 0 nah jadinya seperti itu kemudian stop yang nomor dua silahkan digeser posisinya misalnya pada angka 30% stop yang nomor 3 Yang ini posisinya pada angka 70% kemudian warnanya Silahkan ganti klik stop yang ketiga pilih pada color.

    Misalnya kita gunakan warna merah cerah yang ini kemudian stop nomor 2 juga sama dengan warna merah cerah nah jadinya seperti ini kita copy kotak persegi yang sudah berbentuk lengkung bagian atas ini tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag ke bawah yang aslinya yang ini kita ubah warnanya misalnya ini jadi merah cerah.

    Yang ujung kanan juga sama jadi merah cerah stop nomor 2 ganti dengan warna

    Merah muda Silahkan pilih more color pilih pada custom anak panah di sisi kanan Silahkan geser ke atas untuk mendapatkan warna merah yang lebih mudah kita Yakin klik oke stop nomor 3 juga sama dengan merah muda klik pada color Nah tadi kita menggunakan merah mudanya yang ini nah jadinya seperti ini kemudian kita geser lagi kotak persegi yang di bawahnya ini.

    Yang merahnya lebih tua nah kotak persegi yang merah muda yang ini yang hasil kopiannya tingginya kita tambah Caranya tinggal ditarik titik bagian atasnya ke atas seperti ini kira-kira sementara tingginya seperti ini kemudian kita turunkan kita rapatkan nah menghasilkan bentuk seperti ini kedua kotak persegi yang bagian atasnya sudah lengkung ini dua-duanya kita copy.

    Klik yang pertama tekan dan tahan tombol Control pada keyboard klik yang kedua Nah ini dua-duanya terseleksi tekan dan tahan lagi tombol Control pada keyboard drag ke bawah yang hasil kopiannya posisinya kita balikan caranya klik pada menu vertikal nah jadinya seperti ini Kita atur yang merah muda ini kita tarik dulu ke bawah saat menarik ke atas bawah supaya tidak.

    Mengubah posisi kiri kanan dibarengi dengan menekan tombol Shift pada keyboard kita geser yang merah tua ini tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard geser ke atas ini tidak akan mengubah posisi kiri kanan kita rapatkan seperti ini kemudian yang merah muda geser ke atas tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard Dorong ke atas seperti ini misalnya posisinya Nah di sini karena kita tambah tingginya Jadi terlihat.

    Solusinya kotak persegi tua yang di atas yang ini kita pindahkan posisinya ke lapisan paling depan Caranya tinggal klik pada Blink forward klik anak panahnya pilih Blink to prone Nah jadi seperti ini Nah kita copy satu lagi yang paling bawah yang ini tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag ke bawah kemudian kita ganti warnanya dengan warna putih jadi pada gradient stopnya.

    Stop yang paling kiri dan dengan warna abu-abu misalnya yang ini abu-abu muda hampir putih kemudian yang sebelah kanan juga sama sedangkan stop nomor 2 dan nomor 3 dengan putih nah jadinya seperti ini kita beri efek untuk yang warna putih ini pada bagian jendela format tab Silahkan pilih menu effect yang ini kita beri efek Shadow klik pada Shadow pada.

    Bagian preset Silahkan pilih bentuk shadownya klik anak panahnya kita pilih shadownya ke arah bawah yang ini off button kalau shadownya mau diperkecil di sini pada bagian distance silahkan dikurangi misalnya cukup satu sedangkan blurnya biarkan 4 misalnya kemudian kotak persegi ini pindahkan ke lapisan belakang kotak persegi lengkung yang merah ini caranya klik pada menu send backward klik anak panahnya pilih.

    Send to back nah pindahnya ini berada di kotak persegi garis dan transparan jadi kotak persegi garis dan transparan kita pindahkan Klik di sini pada kotak persegi transparan ini kemudian pindahkan ke belakang kotak persegi transparannya klik pada menu send backward pilih Send to back sekarang kotak persegi yang bergaris ini kita pindahkan juga ke belakang klik kotak persegi bergaris klik menu send backward pilih Send to.

    Back Nah sekarang Muncul yang putih dan yang putih berada di belakang kotak persegi merah ini silahkan didorong ke atas sambil menekan dan menahan tombol Shift pada keyboard misalnya sementara di sini kemudian kita tambah tingginya tinggal tarik titik di sisi bawah Tengah ini ke bawah seperti ini kira-kira seperti ini misalnya kita pas kan nah jadinya seperti ini jadi ada siluet merah putih sekarang kita buat teksnya di bagian atas caranya klik tab insert pilih pada.

    Menu without pilih with 1 silahkan ketikan teksnya misalnya peringatan HUT ke-78 RI klik kotak area teksnya ubah bentuk ukuran dan warna fontnya klik pada tab home jenis fontnya kita ganti Misalnya dengan open send ketik saja Open send lalu enter kita tebalkan kemudian kita perkecil ukuran font nya.

    Misalnya cukup 12 poin kita ke tengahkan klik pada save format pilih pada menu alien pilih elient center geser ke atas tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard dorot ke atas untuk membuat teks berikutnya kita tinggal copy saja teks yang sudah ada klik kotak area teksnya tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag ke bawah teks keduanya Silahkan ganti Misalnya.

    Kita perbesar sedikit ukuran font nya jadi 14 misalnya kemudian warna pohonnya kita ganti dengan merah kita beri efek klik pada save format pilih pada menu text pilih Shadow shadownya yang kita pilih inner Inside top yang ini jadinya seperti ini lalu ke tengah kan klik pada menu alien pilih alien center geser sedikit ke atas copy lagi untuk menambahkan teks lainnya.

    Tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag ke bawah dan titiknya klik kotak ada teksnya ubah ukuran fontnya klik pada tab home kita perkecil cukup 8 poin misalnya kemudian warna fontnya kita ganti Misalnya dengan abu-abu yang ini kemudian kita ke tengahkan klik pada save format pilih pada menu alien pilih alien Center.

    Kalau di bagian bawahnya mau dimasukkan logo silakan boleh dengan memasukkan logo HUT RI boleh dengan memasukkan logo daerah masing-masing misalnya di sini kita masukkan logo HUT RI silahkan download logo HUT RI nya contoh hasil downloadnya seperti ini nah ini logo HUT RI yang sudah dihilangkan backgroundnya jika kebetulan teman-teman mendownloadnya masih memiliki background silahkan hilangkan backgroundnya tutorial cara mudah.

    Menghilangkan background pada gambar linknya telah faktor cantumkan dalam deskripsi video ini kita copy Klik Kanan pilih copy pindah lagi ke word jangan dulu ditempel di sini tetapi buka dulu dokumen baru klik new document Nah di sini muncul dokumen baru baru di sini paste atau control v pada keyboard nah ini logonya silahkan klik logo HUT RI nya kemudian klik pada picture format pilih pada menu web text pilih in front.

    Of text Nah sekarang silahkan di copy boleh control C pada keyboard Kita pindah ke desain ID card kita ke sini Page di sini atau control v pada keyboard nah ini logo HUT ke 78 RI silahkan diperkecil tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard salah satu sudutnya Dorong ke arah dalam nah misalnya sebesar ini kita tempatkan di tengah-tengah silahkan klik pada save.

    Format pilih pada menu alien pilih alien Center sekarang bentuk siluet merah putih ini kita naikkan ke atas caranya klik pada tab home pilih pada menu select klik anak panahnya pilih select object Nah di sini kursor berubah jadi tanda panah silahkan diseleksi untuk siluet merah ini seperti ini.

    Nah ini terseleksi untuk siluet merahnya kemudian silahkan tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard Dorong ke atas drag ke atas seperti ini ini misalnya kemudian sekarang kita buat kotak persegi atau lingkaran untuk menempatkan foto caranya klik pada tab insert pilih pada menu save kita pilih rectangle corner yang ini klik kita buat di sini.

    Kotak persegi sudut tumpul seperti ini kita buat bujur sangkar jadi tinggi dan lebarnya sama ukuran kotak persegi ini disesuaikan dengan pas foto yang akan kita masukkan kita buat lebar dan tingginya sama-sama 3 cm misalnya jadi Silahkan di sini buat lebar 3 cm tinggi 3 cm seperti ini silahkan ke tengahkan klik pada menu alien pilih alien center Nah untuk kotak ini kita bisa.

    Mengubahnya sesuai dengan keinginan Apakah sudutnya mau tumpul seperti ini Apakah mau kotak persegi bujur sangkar seperti ini atau seperti lingkaran jadi bentuknya silahkan disesuaikan dengan kebutuhan kalau ID card ini untuk panitia karena biasanya ID card untuk panitia tidak banyak alangkah baiknya jika fotonya dimasukkan dalam desain ini jadi fotonya foto berupa file foto digital Tetapi.

    Kalau untuk peserta apalagi kalau pesertanya banyak kita sediakan saja dalam bentuk kotak persegi seperti ini misalnya nanti peserta tinggal menempel secara manual dengan foto hasil cetak tentunya misalnya kita buat ini untuk panitia Mungkin biar sedikit berbeda dengan peserta misalnya fotonya kita buat dalam lingkaran jadi Silahkan titik kuningnya.

    Ini digeser ke tengah Nah jadi lingkaran kemudian lingkaran ini silahkan isi dengan foto caranya Kemudian pada jendela format save Silahkan pilih file and Line yang ini klik pilih picture ortektur file klik klik lagi pada tombol Insert bagi pengguna word 2016 dan versi di bawahnya nama tombolnya file Klik di sini silahkan cari fotonya.

    Ini hanya sekedar contoh misalnya kita gunakan foto ini klik pada fotonya Klik tombol Insert Nah di sini fotonya masuk kita beri nilai negatif pada objek buttonnya jadi Silahkan di klik tanda panah ke bawahnya sampai mendapatkan bentuk foto yang proporsional seperti ini misalnya kalau nanti foto ini dianggap kurang besar silahkan diperbesar cara memperbesar tekan dan tahan tombol.

    Shift dan tombol control secara berbarengan kemudian sudutnya tarik ke arah luar nah misalnya sebesar ini kemudian foto ini kita beri bingkai caranya klik pada menu save effect pilih pada preset misalnya kita pilih preset satu nah di sini jadi ada bingkai putihnya oke sekarang di bagian atas di sini di bagian siluet merah ini kita.

    Cantumkan Teks panitia atau peserta caranya kita copy saja dari sini kayaknya yang merah ini klik kotak area teksnya tekan dan tahan tombol Control pada keyboard drag sini warna fontnya misalnya kita ubah dengan putih klik pada teks file pilih warna putih kemudian teksnya kita buat bentuknya sesuai dengan bentuk siluet merah ini caranya klik pada menu text yang ini.

    Kemudian Arahkan ke transform pilih transformnya di plate yang ini jadi membesar ujung kiri kanannya seperti ini jadinya kita perpendek karena di sini sudah bisa diatur sampai di sini misalnya seperti itu kemudian ganti teksnya ini misalnya untuk panitia kalau teksnya dianggap kurang besar silahkan perbesar kita tinggal tarik kotak area teks transform ini bagian bawahnya seperti.

    Ini misalnya bagian atasnya juga sama kalau mau diperbesar teksnya nah jadinya seperti ini teks panitianya kemudian tempatkan di tengah-tengah caranya klik pada menu alien pilih alien Center sekarang di bagian bawahnya kita cantumkan nama panitianya caranya klik pada tab insert pilih pada.

    Menu save misalnya kita pilih bentuk rectangle round corner yang ini klik kita buat di sini kita Buat oval garis pinggirnya kita ganti dengan merah kemudian warna birunya kita ganti dengan putih Nah jadinya seperti ini kita copy saja untuk contoh nama panitianya dari atas ini di kotak area teksnya tekan dan tahan.

    Tombol Control pada keyboard drag ke bawah ganti namanya misalnya ubah ukuran fontnya klik kotak kalian teksnya klik pada tab home pilih increase font size warna fontnya kita ganti Misalnya dengan hitam Oke seperti ini misalnya ID card kita untuk panitia jika nanti untuk peserta tinggal ganti Teks panitia ini menjadi peserta dan bentuk fotonya silahkan.

    DISCLAIMER: In this description contains affiliate links, which means that if you click on one of the product links, I'll receive a small commission. This helps support the channel and allows us to continuetomake videos like this. All Content Responsibility lies with the Channel Producer. For Download, see The Author's channel. The content of this Post was transcribed from the Channel: https://www.youtube.com/watch?v=czj3BCcr__k
Previous Post Next Post